Saturday 13 September 2014

Dari Penyanyi Kafe, Raisa memulai Karir Bernyanyinya



Raisa, Berawal Dari Vokalis Band

Sejak kecil Raisa Andriana sudah senang bernyanyi. Raisa  tumbuh dengan mempelajari sendiri teknik olah vokal dari lagu-lagu yang sering didengar. 
Mahasiswi Universitas Bina Nusantara Internasional ini mempelajari gaya bernyanyi dari musisi-musisi favoritnya. Raisa ter-influence oleh Brian McKnight, India Arie, Stevie Wonder, JoJo, Joss Stone, Alicia Keys, Mariah Carey, sampai Whitney Houston.

Sejak usia tiga tahun, bakat musik Raisa telah terlihat. Saat itu, ia menyanyikan lagu pertamanya yang merupakan soundtrack dari film Aladdin, A Whole New World.  Saat remaja, tepatnya saat SMA, wanita yang belajar bernyanyi secara otodidak ini juga pernah bergabung di sebuah band garapan Kevin Aprilio, Andante (sekarang lebih dikenal dengan Vierratale)

Bersama Andante, Raisa menyanyikan lagu-lagu ciptaan Kevin yang bergenre power pop dan pop rock. Namun, Raisa memutuskan hengkang dari band tersebut lantaran karakter suaranya yang jazzy tak cocok dengan karakter lagu yang dimainkan oleh Andante. Setelah itu, Raisa memilih memamerkan suaranya di media sosial. Tepatnya pada November 2010, Raisa mem-posting video bernyanyi pertamanya, Can I Walk With You, di YouTube melalui akun raisa6690. Selain itu, Raisa juga menggegerkan YouTube dengan suaranya yang menyanyikan lagu hits seperti Just the Two of Us, What a Wonderful World, How Come You Don't Call Me dan Over the Rainbow. 


Raisa, Sempat Menjadi Penyanyi Kafe

Raisa termasuk beruntung lantaran memiliki teman-teman yang telah terjun terlebih dahulu di industri musik tanah air. Mereka menjadi salah satu faktor kesuksesannya. Namun, kehadiran mereka tak berarti jika Raisa tak memiliki kemampuan yang kuat di bidang ini. Sebelum sesukses sekarang, Raisa pernah merasakan menjadi penyanyi kafe dan vokalis latar untuk grup musik RAN. Sampai pada akhirnya, Asta 'RAN' tertarik dengan suara Raisa. Bersama Ramadhan Handy dan Adrianto Ario Seto dari Soulvibe, Asta membantu Raisa menggarap debut albumnya.


Saat itu, Raisa belum bekerja sama dengan label besar. Ia mengerjakan albumnya secara indie. Single pertama yang diluncurkannya adalah Serba Salah pada tahun 2010. Serba Salah berkisah tentang sepasang kekasih yang telah lama menjalin asmara. Namun, mereka sudah tak memiliki kecocokan lagi. Mereka sering bertengkar, bosan satu sama lain, padahal keduanya masih saling mencintai. 

Untuk mempromosikan single-nya ini, Raisa yang berjalan secara indie kembali memanfaatkan YouTube. Ia mengunggap video dirinya menyanyikan lagu Serba Salah secara akustik. Tak disangka-sangka, video ini mendapat respon positif dari masyarakat. Hal itu membawanya ke sebuah label ternama, Universal Music Indonesia."Produserku, Asta yang memperkenalkan aku kepada Universal," kata Raisa.

Pada tahun 2011, Raisa resmi bernaung di bendera Universal Music Indonesia. Bersama Universal, Raisa meluncurkan album perdananya.

No comments:

Post a Comment