Saturday 18 January 2014

Dinasti Politik Ratu Atut



Sejak menjadi orang nomor satu di Banten, satu persatu keluarga besar Ratu Atut masuk ke Politik praktis. Diawali kemunculan Airin Rachmi Diany, istri Tubagus Chaeri Wardana dalam pilkada Kabupaten Tangerang pada 2008.
Adik Ipar Atut  itu jadi calon Wakil bupati mendampingi Jazuli Juwaini. Namun pasangan ini dikalahkan pasangan Ismet Iskandar -Rano Karno.

Airin yang gagal di Pilkada kabupaten Tangerang, mencoba peruntungan di Pilkada Kota Tangerang Selatan. Airin berpasangan dengan Benyamin Davnie. Airin pun terpilih menjadi Walikota Tangerang Selatan untuk periode 2010-2015.
Selain Airin, sejumlah kerabat termasuk keluarga Atut banyak yang mengisi posisi penting di Banten. mereka di antaranya adalah ;

1. Haerul Zaman, adik Ratu Atut yang terpilih menjadi Wakil Wali Kota Serang pada 2008. Kemudian menjadi Wali Kota Serang setelah sang Wali Kota, Bunyamin meninggal dunia.

2. Ratu Atut Chasanah, adik Ratu Atut, terpilih menjadi Wakil Bupati Serang pada tahun 2010. Ia juga terpilih menjadi Ketua DPD I Golkar Provinsi Banten pada 2013.  

3. Heryani, ibu tiri Atut terpilih menjadi Wakil Bupati Pandeglang pada Tahun 2011






4. Hikmat Tomet (alm) menjadi  anggota DPR RI periode 2009-2014 . Ia juga sempat menduduki Ketua DPD I Golkar Provinsi Banten.

5. Andika Hazrumy, anak Atut tercatat sebagai anggota DPD RI dan terdaftar sebagai caleg Golkar untuk DPR RI pada Pemilu 2014 mendatang.
6. Rosi Khoerunnisa, saudara ipar Atut dan kini tercatat sebagai Wakil Ketua 
DPRD II Serang

Mengenai dinasti politik ratu Atut, juru bicara keluarga Atut, Fitron Nur Ichsan menjelaskan keluarga Atut merupakan keluarga besar. banyak anggota keluarga yang tertarik terjun ke politik praktis sehingga sulit mengurai motivasi mereka menguasai jabatan publik. Tiap tiap anggota keluarga memiliki kemandirian sehingga punya pertimbangan sendiri ketika terjun ke politik praktis



No comments:

Post a Comment