Wednesday 8 October 2014

Nico Siahaan, Habiskan Rp. 600 Juta Untuk Jadi Anggota DPR


Presenter berdarah Batak, Nico Siahaan, berhasil lolos ke Senayan menjadi anggota DPR. Ia menjadi salah satu selebriti yang sukses mematahkan persepsi buruk artis gagal dalam pemilu legislatif. Sebelumnya, Nico dikenal sebagai MC papan atas dengan honor yang tinggi. Berikut kisah Nico Siahaan.

Jadi Anggota DPR, Nico SiahaanTanggalkan Atribut Artis

Wajah baru banyak duduk di kursi parlemen. Termasuk dari kalangan artis. Adalah Nico Siahaan, pria asal Batak bernama lengkap Junico Bisuk Partahi Siahaan ini berhasil lolos ke Senayan lewat PDI Perjuangan sebagai kendaraan politiknya. Pria kelahiran 13 Juni 1969 ini merupakan anggota legislatife dari daerah pemilihan Jawa Barat I yang meliputi Bandung dan Kota Cimahi.  
Menjadi anggota DPR, Nico Siahaan mengaku siap melepas atribut keartisannya dengan fokus mengawal suara rakyat, terutama untuk daerah pemilihannya, Jawa Barat I. "Nggak masalah, seperti yang saya bilang, jadi artis juga kerja keras, itu cukup buat saya," ujarnya.

Ia rela fokus menjadi anggota Dewan, meski bayaran menjadi MC dikatakannya jauh lebih besar penghasilannya dari anggota DPR. Hal itu lantaran dirinya ingin mengamban amanat rakyat.Apalagi perjuangan lolos ke DPR, merupakan buah hasil kerja kerasnya yang fokus terjun ke politik. “Semua yang saya dapat sekarang itu butuh kerja keras, sama seperti ini," paparnya.
Sarjana Ekonomi Lulusan Universitas Padjajaran ini, menginginkan diplot di Komisi X DPR. Ia ingin memfokuskan diri pada urusan yang menyangkut pendidikan. "Terserah fraksi, tapi saya punya harapan di Komisi X. Kita mau sama-sama dengan konstituen, membahas pendidikan di luar sekolah," ujarnya.


Nico Siahaan, Habiskan Rp. 600 Juta Untuk Jadi Anggota DPR

Perjuangan Nico Siahaan menjadi anggota DPR, tak hanya bermodal popularitasnya sebagai artis. Ia tak memungkiri, selama  kampanye legislatife untuk bisa melancarkan keinginannya, memerlukan dana yang tak sedikit. Nico yang bertarung di daerah pemilihan Jawa Barat I yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi , mengaku menghabiskan dan sekitar Rp. 600 juta. “Kalau ditotal sekitar Rp. 600 juta. Itu semua dari tabungan pribadi saya. Biaya tersebut di anataranya saya gunakan untuk pertemuan dengan warga dan 
membeli alat peraga kampanye,” kata Nico kepadda Antara.




Hasilnya tak sia-sia. Ia mendapat suara banyak dari konstituennya, 64 suara lebih. Namun, bukan uang yang dinilai Nico sebagai penentu dirinya bisa diterima masyarakat. Ia menilai karena keseriusannya dan ketulusannya mendekati masyarakat daerah pemilihannya lah yang berperan penting dalam lolosnya ke DPR. Semenjak Juli 2013, Nico memutuskan tinggal di Bandung agar bisa dekat dengan masyarakat di daerah pemilihannya.
Nico menikah dengan Gabriella Vincy Caroline yang akrab dipanggil Sissy pada 17 Oktober 2003. Dari pernikahan tersebut, lahir putri kembar, Calista Siahaan dan Joanna Siahaan pada tanggal 21 Juni 2004. Disusul putri ketiga yang lahir 6 Agustus 2005.

No comments:

Post a Comment