Thursday 8 May 2014

Kisah Hidup Chaca






Marshanda tak lama lagi akan menjanda. Rumah tangga yang dibina bersama Ben Kasyafani selama tiga tahun, diterpa prahara. Marshanda menggugat cerai Ben di pengadilan Agama Jakarta Pusat.
Perempuan yang akrab disapa Chaca ini,  perjalanan hidupnya memang tak bisa dibilang mulus. Berikut kisah singkat Marshanda dari kecil sampai sekarang.  

Merintis Karier sejak Kecil

Nama lengkapnya Andriani Marshanda. Ia yang lahir di Jakarta, 10 Agustus 1989, biasa disapa dengan panggilan Chaca.
Chaca adalah seorang Minangkabau yang lahir dari pasangan Irwan Yusuf dan Riyanti Sofyan asal Guguak Tabek Sarojo, Agam, Sumatera barat. Sulung dari tiga bersaudara ini lahir di Jakarta, Indonesia, 10 Agustus 1989. Caca memiliki dua saudara, Adrian dan Allysa.

Chaca sudah memasuki industri hiburan sejak kecil. Ia memulai kariernya dengan menjadi bintang iklan sejak kelas 1 SD.  Saat itu, Caca sedang menemani tantenya yang model terkenal, Chintya Rustam ke biro Iklan. Ternyata, Caca diminta biro iklan tersebut untuk ikut casting. Hingga akhirnya, Caca terpilih membintangi ikla Danamon pada tahun 1997.

Chaca seakan ketagihan. Setelah itu, Chaca membintangi sejumlah iklan televisi maupun media cetak.
Chaca juga gemar menyanyi sejak kecil. Ia bahkan ikut latihan olah vocal di Paranadjaja dan kursus balet. Chaca sangat mengidolakan Christina Aquilera, Britney Spears, dan M2M.

Kemampuannya bernyanyi baru ditunjukannya setelah mendapat kesempatan  bertemu dengan seorang pencipta lagu anak-anak terkenal, Papa T Bob.
Awal pertemuan Chaca dengan Papa T Bob terjadi secara tidak sengaja. Waktu itu Marshanda sering merekam suaranya ketika sedang bernyanyi. Ibunya yang mendengar suara Chaca bagus, mencoba mengirimnya ke agensi.
Singkat cerita Papa T Bob  tertarik. Selanjutnya Papa T Bob langsung membuatkan dua buah lagu untuknya. Papa T Bob menyiapkan lagu khusus yang pas dengan karakter suara Chaca.

Akhirnya Chaca masuk dapur rekaman dengan menjagokan lagu "Gantungkan Cita Cita" ciptaan Papa T Bob diusia 10 tahun. Di ndustri music, Chaca sudah mengeluarkan banyak album dan single.  
Selain menyanyi, bintang iklan, Chaca juga merambah dunia seni peran. Ia main dalam sinetron Jinny oh Jinny dan beberapa judul sinetron. Chaca namanya baru terangkat disaat membintangi sinetron Bidadari bersama Nia Ramdhani pada tahun 2000. Sinetron Bidadari sukses memikat hati pemirsa.
Setelah sinetron Bidadari, Chaca kerap menghiasi layar kaca dengan menjadi bintang sinetron, film dan penyanyi.

Prestasi

Bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2004, Chaca dianugrahi penghargaan The Most Brilliant Person pada Asian Award 2004. Penghargaan ini diberikan kepada Chaca karena selain aktif di dunia seni peran, ia juga dianggap berprestasi di sekolah. Ini terbukti dengan keberhasilannya lulus SLTP dengan nilai yang cukup memuaskan. Nilai UAN (Ujian Akhir Nasional) Chaca adalah 23. 



Berarti rata-ratanya delapan. Pada tahun 2006, Chaca dinobatkan sebagai Duta Lingkungan Hidup.
Chaca mengenyam pendidikan di SD Islam Tugasku, Jakarta pada 1995-2001. Kemudian melanjutkan ke SMPN 216 Jakarta (2001-2004), lalu SMA labschool, Kebayoran, Jakarta (2004-2007).
Chaca diketahui melanjutkan pendidikannya ke Universitas Atmajaya, mengambil jurusan psikologi. Namun di tengah jalan, ia memilih pindah ke Universitas pelita Harapan, mengambil jurusan komunikasi.

No comments:

Post a Comment