Monday 18 August 2014

Robin Membuat Dunia Tertawa

Robin Williams merupakan aktor kawakan yang serba bisa. Puluhan judul film telah dibintanginya. Dalam perjalanan kariernya, ia pernah menyabet penghargaan Oscar untuk aktor pendukung terbaik. Kini aktor Hollywood yang disukai segala usia itu telah tiada pada usia 63 tahun. Ia ditemukan meninggal dunia di rumahnya di California, Amerika Serikat,11 Agustus 2014 . Hasil pemeriksaan sementara polisi, Robin Williams diduga meninggal karena bunuh diri dengan cara gantung diri. Berikut perjalanan hidupnya.



Robin Williams, Awal Karier dari stand Up 

Robin Williams lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat,  pada 21 Juli 1951. Ia mengawali karier sebagai seorang comedian dari panggung stand up di sebuah klub malam. Sebelumnya, ia sempat belajar teater di Juilliard School .
Akhirnya keberuntungan menghampiri Robin Williams. Ia mendapatkan peran utama pada drama televisi Spin-off Show ‘Mork & Mindy pada tahun 1978-1982. Dalam kesempatan ini, Robin Williams berhasil memperlihatkan improvisasi akting mimik wajahnya.
Dua dekade kemudian, Robin Williams berhasil mencetak prestasi dengan kematangan akting dalam perannya sebagai psikolog pada film Good Will Hunting pada 1997. Melalui film ini, Robin Williams berhasil membawa pulang piala Oscar untuk aktor pendukung terbaik.

Williams  mulai merambah layar lebar pertama ketika berakting dalam film Popeye  dan The World According to Garp. Namun film tersebut termasuk dalam film gagal. Akhirnya ia mulai memantapkan diri di mata penggemarnya ketika main di film Good Morning, Vietnam.
Kemudian, banyak film-film yang dibintanginya. Kebanyakan perannya adalah komikal seperti dalam film The Birdcage dan Mrs. Doubtfire.
Dia juga membintangi film serius seperti dalam Awakenings, What Dreams May Come. Pada tahun 2000-an, pilihan perannya dalam film drama menuai kritikan karena dikatakan terlalu sentimental, khususnya di film Patch Adams, Insomnia, dan One Hour Photo.

Robin sangat dikenal dalam bakat improvisasi dan sulih suaranya. Dia juga berbakat dalam mengubah mimik wajahnya dan dapat berganti karakter dalam waktu yang sangat cepat.
Perannya sebagai pengisi suara karakter Jin dalam film animasi Aladdin, adalah tonggak utama pentingnya pengisi suara dalam film.
Ia diketahui tiga kali menikah dan memiliki tiga anak. Istri pertamanya bernama Valerie Velardi (menikah pada 1978 dan bercerai pada 1988). Kemudian Robin menikah dengan Marsha Garces Williams pada 1989 dan bercerai pada 2008. Pada saat kematiannya, ia meninggalkan istri yang dinikahinya pada tahun 2011, Susan Schneider.

Robin dan Marsha Garces mendirikan Windfall Foundation, sebuah lembaga penggalangan dana untuk banyak lembaga amal. Robin banyak menghabiskan waktu dan energinya untuk amal.


Beberapa Film Terkenal dari Robin Williams







Robbin William telah banyak membintangi film layar lebar. Berikut beberapa film terkenal dari Robin Williams ;

1. Mork & Mindy (1978-1982)

Dalam serial komedi ini, Williams bermain sebagai alien dengan nama Mork. Sapaan yang sering dilontarkannya, “Na-nu, na-nu” pun langsung dikenal. Pam Dawber berperan sebagai Mindy, manusia yang tinggal sekamar dengan Mork. Ia pun menciptakan ciri khas dalam komedi sejak itu. Berkat perannya, Williams meraih satu dari enam Golden Globes pada 1979.

2. Good Morning, Vietnam (1987)

Williams menyabet satu dari tiga nominasi Oscar untuk kategori Aktor Terbaik dalam film ini. Meski tidak menang, ia akhirnya mendapat gelar sebagai Aktor Pendukung Terbaik versi Academy Awards pada tahun 1997 untuk film Good Will Hunting. Ia pun meraih Golden Globe untuk perannya dalam film tersebut.

Film Good Morning, Vietnam sendiri berlatar di Saigon tahun 1965. Williams berperan sebagai penyiar radio terkenal. Dalam profesinya ini, Williams menjadi penyiar yang selalu membuat atasan-atasannya kesal. Para penonton selalu ingat dengan kalimat, “Goooooooood morning, Vietnaaaam!” yang diucapkan Williams.

3. Dead Poets Society (1989)

Tak hanya berperan sebagai aktor komedi, Williams pun mengambil peran dalam film drama. Di film Dead Poets Society, ia menjadi seorang guru bahasa Inggris yang menginspirasi murid-muridnya. Dalam peran ini, ia meraih piala Oscar untuk kategori Aktor Terbaik. Murid-murid memanggilnya dengan, “O Captain! My Captain!”. Ethan Hawke dan Josh Charles ikut berperan sebagai murid Williams.

4. The Fisher King (1991)

Ia mendapat piala Oscar yang ketiga setelah berperan dalam The Fisher King. Williams dinobatkan sebagai Aktor Terbaik, dalam aktingnya sebagai pria tunawisma yang mencari Piala Suci. Selain itu, ia pun memenangkan Golden Globe untuk kategori Aktor Terbaik Komedi atau Musikal.

 5. Aladdin (1992)

Dalam film ini, Williams menunjukkan kemampuan vokalnya untuk mengisi suara tokoh jin berwarna biru. Penghargaan Golden Globe diraih melalui film ini. Selain mengisi suara di film Aladdin, Williams juga menjadi pengisi suara untuk film Robots (2005) dan Happy Feet (2006).

6. Mrs. Doubtfire (1993)

Dalam film ini Robin menyaru sebagai pembantu rumah tangga demi dekat dengan anak-anaknya

7. Good Will Hunting (1997)

Dalam film ini, Robin meraih Oscar sebagai aktor pendukung pria . Film tersebut mencapai box Office dengan pendapatan dari seluruh dunia 225, 9 juta dolar AS.   

No comments:

Post a Comment