Thursday 21 November 2013

Alamat Palsu Ayu Ting Ting


Alamat Palsu Ayu Ting Ting




Polos, Sederhana, dan ceplas ceplos. Itulah Ayu Ting Ting. Dengan kepolosannya, Wanita kelahiran 20 Juni 1992 asal Depok, Jawa Barat itu meraih sukses. Lewat lagu Alanat Palsu, Ayu menjadi artis pendatang baru paling populer di dunia musik dangdut.  Seperti apa perjalanan kariernya? yuk disimak.

Dikenal Lewat Youtube

Perjuangan pedangdut Ayu Ting Ting meraih sukses tidaklah semudah yang dibayangkan. Pemilik nama lahir Ayu Rosmalina itu sudah wara wiri tampil di atas panggung sejak usia 14 tahun. Dalam perjalannnya, ia harus melewati masa-masa yang tidak mudah hingga akhirnya dikenal masyarakat luas seperti sekarang ini.

Berangkat dari keluarga biasa, ayah yang Pegawai Negeri Sipil golongan rendah dan ibu yang hanya ibu rumah tangga, Ayu merangkak menapaki kariernya sebagai penyanyi dangdut. Dahulu, ia biasa manggung dari pesta hajatan ke pesta hajatan lain dengan bayaran tak lebih dari Rp. 200 ribu pertampil,“Dulu manggung seharian, dari jam 10 pagi sampai 10 malam, dibayarnya Rp. 200 ribu. Tapi Alhamdulillah itu juga sudah bisa buat bayar sekolah sendiri,” kata Ayu bangga mengenang masa lalunya.

Singkat cerita, ia mulai mendapat sebuah keberuntungan dengan dilirik produser untuk menjadi pedangdut rekaman. Ayu yang kala itu baru kelas 3 SMP, meluncurkan album perdananya Geol Ajep Ajep pada 2006. Seperti kebanyakan artis rekaman yang mengubah nama asli menjadi nama panggung, nama Ting Ting pun mulai disematkan kepada Ayu. Namun itu belum membawa namanya setenar sekarang,“Tadinya sebelum Ting Ting sempat disaranin pakai nama Debita, tapi aku nggak mau. Lebih bagus Ting Ting. Kebetulan aku juga punya lagu berjudul Ting Ting," paparnya.


Seakan tak mau ketinggalan disaat banyak orang memanfaatkan media sosial Youtube untuk mencari popularitas, bahkan sampai menjadi tenar secara mendadak seperti Norman Kamaru, Shinta Djojo, Bona Papatungan dan lainnya, pada 2011, single Alamat Palsu yang masuk dalam album Geol Ajep Ajep muncul di media sosial Youtube. 

Tak disangka lagu yang dinyanyikan Ayu itu bernasib sama dengan Norman Kamaru yang ramai dikunjungi dan diunggah oleh ratusan ribu pengguna internet.

Alamat Palsu karya cipta Dadan dari Tasikmalaya yang diunduh ke Youtube itu, akhirnya meledak dan menjadi lagu dangdut terlaris sepanjang tahun 2011.  Ayu pun kariernya melejit secara tiba tiba. Setiap hari, ia menjadi langganan untuk tampil di berbagai media televisi.

Sejak itu ia juga mulai mendapat banyak tawaran pekerjaan selain bernyanyi seperti presenter, iklan  dan akting. Bahkan Ayu sempat disebut sebut menjadi pedangdut dengan bayaran termahal,"Alhamdulillah emang banyak yang ajak manggung . Dibilang termahal sih nggak ya. Cukuplah buat bahagain bapak ibu dan beli barang yang saya suka," tuturnya

Tak Mau Umbar Keseksian di Atas Panggung



Ayu mengaku sejak kecil senang bernyanyi dan suka mengikuti lomba nyanyi. Suara emasnya, dikatakan Ayu merupakan warisan dari ibunya yang juga sewaktu muda adalah seorang penyanyi dangdut. Ayu yang merintis karier sejak duduk di bangku SMP , tidak mau seperti pedangdut kebanyakan yang mengandalkan goyang dan penampilan vulgar.

Dalam setiap penampilan, Ayu lebih senang berkiblat pada musisi Korea. Mulai dari gaya berbusana hingga rambut. Menurut Ayu penampilan artis Korea simple dan lucu.  "Aku sering lihat grup Korea terus, coba-coba aja. mereka pakai baju simple dan lucu. Tapi ya nggak sama banget. Untuk kostum, aku percayakan sama teman , dia tahu selera aku yang suka Korea gitu,"ucapnya. 

Selain mengikuti gaya Korea, Ayu senang dengan musik dan film-film Korea. "Film-film dan musiknya juga Ayu suka," ucapnya.
Karena suka dengan musik Korea, setelah booming dengan Alamat palsu, Ayu meluncurkan single berjudul Sik Asik pada awal 2012. Ayu mengaku single Sik Asik  terinspirasi dari musik K-Pop.

No comments:

Post a Comment