Thursday 24 April 2014

Terjerat Narkoba




Masa lalu Bopak adalah cerita suram. Hidup tanpa tujuan, hari harinya hanya diisi dengan aktifitas mengunakan narkoba. Hingga akhirnya ia tersadar, masih banyak kesempatan yang bisa didapat. Kesadaran untuk berhenti sebagai penguna narkoba akhirnya membawa Bopak menuju karir  yang lebih baik.


Narkoba

Sebelum masuk industri hiburan Tanah Air, Bopak tidak asing dengan narkotika. Minuman keras awalnya. karena Bopak belum memiliki banyak uang. 
Ketika masuk dunia hiburan dan mulai memiliki penghasilan yang lumayan, Bopak ternyata belum tobat untuk menggunakan barang haram. Bahkan, tak hanya minuman keras yang ia tenggak. Ia mulai mencoba serbuk putih yang bernama shabu, pil setan, dan berbagai macam jenis narkotika.
"Saya nyabu pas awal-awal masuk dunia entertainment. Di situ gampang dapat begituan (narkoba). Tahu sendirilah. Semuanya dulu saya cobain," jelas pria yang mengisi program 'Tahan Tawa' dan 'Ada Ada Aja' di Global TV itu.
Nikmat disaat menggunakan sampai kebablasan.  Ya, akhirnya Bopak menjadi budak narkoba. Ia tak bisa lepas dari jerat narkoba. Ia tak tahu dampak negatif dari barang haram tersebut. 






Sampai akhirnya narkoba membuat hidup Bopak hancur-hancuran. Ia sempat merasakan hampir mati karena over dosis (OD) narkoba. Bukan hanya sekali Bopak mengalami OD. bahkan sampai empat kali. 
Akhirnya  Bopak sadar, Narkoba tidak baik digunakan. Ia mulai menghindar dari barang haram tersebut. tidak mudah memang untuk pertama kali meinggalkan dunia kelam. Namun dengan tekad yang kuat, akhirnya Bopak bisa terbebas dari jerat narkoba.
"Tobatnya pas OD. Saya OD sudah 4 kali gara gara sabu. Saya tobat karena masih punya mimpi. Kalau begini terus (pakai narkoba), orang menghina. Banyak sekali kesempatan-kesempatan pada saat itu tidak saya manfaatkan dengan baik. Akhirnya saya sadar," kenangnya.

Semenjak memutuskan berhenti jadi pecandu narkoba, hidup Bopak pun mulai tertata. Bahkan kariernya sebagai pelawak kini tengah moncer dengan banyaknya mengisi program hiburan di berbagai stasiun televisi.
"Sekarang saya sudah total berhenti dari narkoba. Ngerokok juga nggak sekarang. Bersih," cetus pria yang hobi melukis itu bangga.
Bopak juga merasa dirinya seperti bayi baru lahir saat meninggalkan narkoba. "Ternyata hidup ini indah. Keindahan yang nggak dibuat-buat. Hakikat indah yang sebenarnya itu, kalau hati kita merdeka. Tidak menyakiti, tapi memberi nyaman orang lain," tukasnya.
Bopak pun menyarankan kepada para selebriti dan pelawak untuk segera meninggalkan narkoba. "Kalau mau lepas dari narkoba, lihat wajah orangtua kita pas kita mau pakai narkoba. Itu saja," tandasnya


Mati Suri
Pengalaman hidup Bopak  segudang. Di antara lika liku hidupnya. Ia juga sempat mengalami perjalanan yang tak pernah dilupakannya, walau perjalanan itu dalam alam bawah sadar. Ya, selama tiga hari Bopak seperti orang mati. Tidak bisa bangun dari tidur. 
"Dulu saya sempat mati suri. Waktu itu kejadiannya di Jogja tahun 90-an. Saya tahunya tidur. Tapi kata teman, saya tidur udah tiga hari nggak bangun-bangun. Tapi perasaan saya, saya jalan," kisahnya.
Selama tiga hari, dalam alam bawah sadarnya, Bopak seakan diajak berjalan-jalan menyusuri  kehidupan masa lampau keraton Jogja.
"Saya taunya alun-alun memang tempat para satria ngadu ketangkasan. Beringin kembar itu memang tempatnya buat ngadu ketangkasan raja-raja dulu," kisahnya dengan nada serius.
"Pada saat saya bangun, ya bingung, linglung. Heran aja kayak abis roh saya masuk lagi," tuturnya.


No comments:

Post a Comment