Friday 5 December 2014

Ria Melawan Kanker


Ria Irawan, Tak Mau Pasrah Begitu Saja
 
Ikhlas, bagi Ria, bukan berarti dia menerima begitu saja penyakit yang menggerogoti tubuhnya tanpa mencari kesembuhan. Justru, bintang film Gejolak Kawula Muda ini mendadak punya keberanian untuk menjalani pengobatan medis, seperti kemoterapi. 

Ia juga menjadi matang dan dewasa. Fase hidup Ria kali ini, mungkin menakutkan bagi orang lain. Namun dengan ketegaran yang nyata, Ria telah berhasil menyingkirkan Stigma kanker sebagai penyakit yang berbahaya. Dengan tenang, ia bahkan masih menjalani hobynya makan jengkol. 

Di usia yang belum terlalu lanjut, Ria mungkin bisa jadi role model . Sejatinya sikap mental positif jadi bagian paling menentukan , dalam pengobatan penyakit yang sering berakhir tak menyenangkan. Toh tugas manusia hanya berusaha. Soal sembuh atau tidak, sepenuhnya hak Tuhan.

"InsyaAllah sampai gue menyelesaikan kemo ini, gue masih dikasih umur. Ini akan jadi bukti kalau gue masih semangat waktu menjalani kemo pertama. Kalau nanti di kemo ketiga gue putus asa, tolong diingatin," ungkapnya.

Apalagi, banyak juga yang bisa menaklukan kanker  dan berhasil sembuh. Sebut saja Rima Melati yang divonis kanker usus, Titiek Puspa kena kanker, Syahnas Haque kanker ovarium.

Ria  juga siap berbagi ilmu tentang kanker agar tidak ada orang lain yang bernasib sepertinya. "Gua yakin masih banyak kebaikan yang masih bisa gua buat," kata Ria. 



Ria Irawan, Penyebab Terkena Kanker

Ria Irawan sangat terbuka, dan tidak malu menjelaskan ketika divonis dokter mengidap kanker getah bening. Aktris kawakan itu pun bercerita penyebab dirinya bisa mengidap penyakit mematikan itu. menurut Ria, gaya hidup dan pola makan , menjadi salah satu penyebab Ria terkena kanker.

"Kenapa dulu gue sok jaga badan dan diet, walaupun dari dulu gue memang enggak suka junkfood. Mungkin karena keparnoan gue soal penyakit yang dialami keluarga gue. Gue jadi kayak orang yang phobia sama penyakit, padahal gue enggak sakit. Kecenderungan ketakutan itu yang buat gue depresi," kata Ria.

Menurut Ria, dari sejarah hidup keluarganya, bukan hanya dirinya yang terkena kanker. sebelumnya juga sudaha da. Faktor genetik juga yang membuat dirinya mengidap kanker. Namun, di satu sisi, secara hormonal juga Ria telah memiliki bibit-bibit kanker.

"Selain genetik, dalam keluarga ada juga karena hormonal," tandasnya.

Kendati demikian, Ria tidak bisa begitu saja menyalahkan keluarganya. Ia sudah ikhlas menerima kenyataan ini.  "Terus gue harus salahin keluarga gue, salahin orang dekat gue. Bagi gue ini jalan hidup yang harus tempuh," tandasnya

Sementara itu, Ade Irawan, ibunda Ria, hanya bisa pasrah dengan kondisi anaknya yang terkena kanker. Ia sempat shock pertama mengetahui Ria Irawan divonis kanker klenjar getah bening stadium 3. Ia pun berharap anaknya mendapat kesembuhan . "Sebagai ibu, mendoakan dan mendukung agar Ria diberi kesembuhan dari penyakit yang dideritanya," harap Ade.

No comments:

Post a Comment