Thursday 4 December 2014

Ria Irawan, Sudah Siapkan Kain Kafan dan Liang Lahat

Ria Irawan divonis menderita penyakit mematikan yakni Kanker klenjar getah bening stadium 3. Namun begitu, Ria tak menampakan wajah takut atas penyakitnya. Ia tetap tegar menghadapi kenyataan pahit yang menimpanya. Ria optimis bisa melawan kanker yang menyerang sebagaian tubuhnya. Namun begitu, Ria juga mengaku sudah siap jika kelak penyakitnya itu akan merenggut nyawanya dengan menyiapkan kain kafan lebih dini. Bagaiman Ria bisa terkena kanker? berikut kisahnya. 


Ria Irawan, Divonis Kanker Klenjar Getah Bening Stadium 3

Pemain film Ria Irawan memiliki keluhan pada rahim sejak  2009. Akhirnya  wanita kelahiran  24 Juli 1969 ini baru ada keberanian untuk melakukan tindakan operasi pada September 2014 , setelah dirinya terdeteksi  mengidap kanker leher rahim atau kanker serviks. 

Sebelum menjalani operasi, Bintang film Lupus ini lebih percaya dengan pengobatan alternatif seperti minum obat-obatan herbal yang berasal dari tumbuh-tumbuhan sampai daun kelor pun sempat dicobanya.

"Saat itu nggak  bisa terima kenyataan dan nggak berani pakai medis dan menggunakan pengobatan alternatif, herbal. Tapi hasilnya nggak ada.  Sampai akhirnya tanggal 30 september 2014 memutuskan untuk operasi angkat rahim," kata Ria Irawan.

Setelah melakukan tindakan operasi, bukan berita gembira yang didapat Ria. Ia harus menelan pil pahit karena divonis mengalami Kanker kelenjar getah bening stadium 3.   

"Tapi pas diangkat ternyata sudah sampai ke indung telur. Seminggu setelah operasi dikasihtahu kalau positif  kanker kelenjar getah bening stadium 3 karena sudah nyebar kankernya," tuturnya.

Ria mengaku pasrah dengan kenyataan pahit yang dialaminya. Ia kini sedang menjalani serangkain proses penyembuhan dengan jalan kemoterapi. Ria diwajibkan menjalankan kemoterapi selama enam kali.

"Awalnya gua berpikir kan udah angkat rahim jadi kanker rahim sudah kebuang plus indung telurnya juga kebuang otomatis udah terhindar dari kanker serviks. Hidup serasa terlahir kembali dan lega banget. Sudah punya planning untuk banyak hal.  Tapi kenyataannya Tuhan hanya beri kebahagiaan pada gua hanya beberapa hari. " tuturnya. 


Ria Irawan, Sudah Siapkan Kain Kafan dan Liang Lahat

Ria Irawan akan menjalani serangkaian kemoterapi karena sudah tak lagi percaya dengan pengobatan alternatif. Ia yang divonis mengidap kanker kelenjar getah bening stadium 3, sudah pasrah dengan kenyataan pahit yang dialaminya. 

Saat ini yang ingin dilakukannya adalah berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya dengan melakukan taubatan nasuha. Bahkan jika sewaktu-waktu dalam proses penyembuhannya, dipanggil Yang Maha Kuasa, Ria pun mengaku sudah siap. 

Pemilik nama lengkap Chandra Ariati Dewi Irawan itu mengaku juga sudah menyiapkan kain kafan dan liang lahat jika ajal menjemputnya. "Sebagai simbol gue sudah ikhlas," ucap Ria.

Peraih Piala Citra FFI 1988 untuk Aktris Pembantu Terbaik lewat film "Selamat Tinggal Jeanette" itu, ingin dikuburkan satu liang dengan sang ayah, almarhum Bambang Irawan. "Kalau kuburan, biar murah satu liang sama kuburan ayah," kata wanita berusia 45 tahun itu.

Ia berharap kelak jika ajal tiba, diberikan kemudahan."Minta sakaratul mautnya tidak sampai kejang-kejang dan mendelik," ucapnya.

Saat ini, ibadah, menurut Ria, jadi cara ampuh untuk menenangkan diri dalam menghadapi penyakit mematikan yang bersarang di tubuhnya. Satu per satu ketakutan yang dirasakan Ria seolah luntur setiap selesai menjalankan sholat.

No comments:

Post a Comment